PENERAPAN METODE KONSTRUKTIVISTIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS IX E SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 MARGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Nanik Puspadi FPBS IKIP Saraswati
Keywords: Metode Konstruktivistik, Menulis, dan Teks Pidato

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Keterampilan menulis teks pidato menjadi salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa yang dapat bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Menulis teks pidato  dapat membantu siswa dalam mengungkapkan ide, gagasan, pendapat dan perasaan tentang suatu permasalahan. Banyak siswa mengatakan keterampilan menulis teks pidato sangatlah sulit. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada saat penelitian awal hanya sebesar 61,78 atau di bawah kriteria ketuntasan minimal. Rendahnya nilai yang diperoleh siswa disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya ketidaktepatan guru menggunakan metode pembelajaran, guru lebih banyak berteori dan kurang memberikan kesempatan yang cukup kepada siswa untuk melatih kemampuannya dalam menulis teks pidato. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode konstruktivistik dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX E Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Marga Tahun Pelajaran 2018/2019.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes.

Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa metode pembelajaran konstruktivistik dapat meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX E Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Marga Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebelum menggunakan metode konstruktivistik atau pada prasiklus 61,78. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 70,00 dengan mengalami peningkatan sebesar 13,30%. Pada siklus II, kemampuan menulis tek pidato juga mengalami peningkatan menjadi 80,35 dengan mengalami peningkatan sebesar 14,78%. Dengan demikian, melalui metode konstruktivistik kemampuan siswa kelas IX E Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Marga Tahun Pelajaran 2018/2019 dapat ditingkatkan.

Published
2020-02-07