Suluh Pendidikan Vo.16 No. 2 Tahun 2018
PENGANTAR REDAKSI

Jurnal Suluh Pendidikan Volume 16, Nomer 2, Desember 2018 terasa special karena secara resmi telah menggunakan Internatinal Standart Number Series (ISSN) versi elektronik (e) sebagai pelengkap ISSN versi print (p) atau cetak yang telah diproses pengajuannya sejak edisi sebelumnya. Makna penggunaan e-ISSN lebih mengafdolkan penggunaan secara daring (online) melalui program Online Journal System (OJS) yang dimiliki oleh Jurnal Suluh Pendidilan dengan alamat laman http://jurnal.ikipsaraswati.ac.id sehingga memungkinkan penyebaran atau desiminasi yang lebih luas dan meningkatkan serta memudahkan sitasi di kalangan akademik.

Jurnal Suluh Pendidikan edisi kali ini berpijak pada artikel kolaboratif yang disampaikan oleh Dewa Nyoman Oka; Ni Nyoman Serma Adi; I Gusti Ayu Nova Dwi Marhaeni dengan judul artikel “Pengaruh Pembelajaran IPA Berbantuan Video Edukasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP,” dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelompok A1 dan A2 terhadap materi pelajaran IPA dengan thit sebesar 7.894 dan signifikansi (p<0,05).

Artikel kedua, disampaikan oleh Ni Made Wersi Murtini, I Komang Budiarta, Ni Wayan Krismayani dengan artikel “Respons Siswa Terhadap Penerapan Teknik Pembelajaran Peer Learning Dengan Media Postcard dalam Menulis” yang secara umum hasilnya diketahui bahwa siswa memberikan respons yang sangat baik terhadap penerapan teknik yang digunakan tersebut dalam kegiatan menulis.

Ni Wayan Dian Permana Dewi sebagai penulis ketiga menyampaikan tulisan yang berjudul “Penggunaan Software Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Marga” dengan titik tekan bahwa penggunaan software pembelajaran matematika mampu meningkatkan minat belajar siswa.

“Concept Attainment Model untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Bentuk Keputusan Bersama dalam Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar” merupakan judul artikel keempat yang disuguhkan oleh Ni Ketut Mas Astuti seorang guru SD Negeri 8 Kediri, Tabanan.

Artikel kelima adalah “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKN pada Siswa SMPN 3 Gianyar” karya I Made Sukaja yang menegaskan bahwa impelmentasi tindakan pembelajaran melalui model pembelajaran Kooperatif jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pelajaran PKN dan meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.

Menarik untuk disimak pada edisi kali ini artikel kenam hingga kesepuluh mengambil studi kasus penelitiannya di Ubud, Gianyar, yakni Ida Ayu Puspawati mengetengahkan hasil penelitianya, yakni “Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya pada Siswa SMP Negeri 2 Ubud; Ni Wayan Sadi yang menulis tentang “Implementasi Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika SMP Negeri 2 Ubud,” I Nyoman Suarka yang mengulas “Implementasi Model Batu Pijar Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Ubud,” dan I Wayan Sukayasa dengan artikel yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Ekspository untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa SMP PGRI Gianyar 3 Ubud.” Keempat tulisan yang beragam keilmuan ini terangkai sebagai penutup edisi Jurnal Suluh Pendidikan ini.

Bantuan dan kerja semua dengan semua pihak yang telah mendukung kelancaran dan konsistensi penerbitan Jurnal Suluh Pendidikan perlu mendapat apresiasi setinggitingginya termasuk didalamnya para kontributor edisi kali ini. Oleh karena itu, kami segenap pengurus Redaksi Jurnal Suluh Pendidikan IKIP Saraswati Tabanan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

Pemimpin Redaksi

Published: 2018-12-28

Articles