PENGANTAR REDAKSI

          Pergerakan kasus Covid-19 mulai terkendali. Pemerintah terus memperbarui dan melakukan penyesuaian kebijakan dalam upaya mengoptimalkan  pemulihan layanan pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) memiliki berbagai pilihan dalam upaya pemulihan pembelajaran yakni dengan mendorong partisipasi peserta didik dalam pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen yang aman dengan mematuhi protokol kesehatan. Para pendidik tidak berkurang semangatnya untuk berkarya. Demikian juga para Dosen terus dituntut melaksanakan tridharma perguruan tinggi. Guru-Guru, juga harus berkarya sesuai profesinya karena tuntutan tugas. Dalam hal ini, untuk peningkatan karier (naik pangkat).

          Tak lekang oleh panas tak lapuk oleh hujan, kata peribahasa. Begitu juga Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) tetap terus berusaha mengembangkan dan meningkatkan kualitasnya menuju terakreditasi. Proses menuju terakreditasi perjalanannya sangat panjang. Usulan akreditasi dilaksanakan bulan September 2020 kemudian Tgl.24 Oktober 2020 dinyatakan lolos desk evaluasi. Namun karena suatu hal, proses penilaian dimulai Tgl.1 Juli 2021 dan berakhir Tgl.5 juli 2021. Selanjutnya, Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) ditetapkan sebagai jurnal terakreditasi terindeks Sinta 6 pada Tgl. 29 Desember 2021. Penetapan SK Akreditasi Tgl. 24 Januari 2022 dengan No Surat Keterangan  158/E/KPT/2021 dengan judul Surat Keterangan: Peringkat Akrediasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2021, Tanggal Surat Keterangan 9 Desember 2021. Akreditasi berlaku 5 Tahun. 

          Dengan status terakreditasi Arjuna dan terindeks di Sinta 6, Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) mulai berbenah diri ke arah yang lebih baik. Pertama, pengelola jurnal sudah mengisi Journal Visitors untuk mengetahui kunjugan unik terhadap Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan). Kedua, pengelola memperbaharui tampilan cover jurnal dengan wajah jauh lebih menarik, yakni adanya logo IKIP Saraswati dan ikon patung Dewi Saraswati yang diperindah dengan warna hijau.

          Pada edisi kali ini, ada enam artikel dari guru-guru, baik guru SMA maupun guru SMP, dari Kabupaten Badung, Kabupaten Tabanan, dan Kabupaten Jembrana. Yang lainnya,  empat artikel dari para dosen, baik dari dosen IKIP Saraswati maupun dosen  Universitas Mahasaraswati Denpasar.

          Pada terbitan Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) kali ini, dimulai dengan artikel pertama berjudul “Pemanfaatan Laboratorium IPA yang Efektif untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Proses pada Peserta Didik Jurusan MIPA Di SMA Negeri 1 Kuta Utara”, yang ditulis oleh I Gusti Nyoman Naranata dari Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kuta Utara. Tujuan tulisannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan  keterampilan proses pada peserta didik khususnya pada jurusan MIPA melalui pemanfaatan laboratorium yang lebih efektif.

          Artikel kedua, dari seorang guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Kediri, Ni Ketut Poriati dengan judulPenerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa SMP Negeri 5 Kediri.”Tujuan tulisannya, adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada siswa Kelas VII B SMP Negeri 5 Kediri Semester Ganjil, Tahun Pelajaran 2018/2019 melalui penerapan Pembelajaran dengan diskusi kelompok.

          Artikel ketiga, berjudul “Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen Siswa SMP Negeri 4 Mendoyo Kabupaten Jembrana”, yang ditulis oleh I Gusti Kade Kardana dari Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Mendoyo. Tujuan tulisannya, adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran TGT (Team Games Tournamen ) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

          Artikel keempat, dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Melalui Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia Siswa SMA PGRI Tabanan 6 Bajera”, yang ditulis oleh Ni Wayan Sri Mahyuni seorang guru dari Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Selemadeg.” Adapun tujuan dari tulisannya, adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep siswa menggunakan inkuiri terbimbing melalui tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar kimia.

          Artikel kelima, dengan judul “Implementasi Aplikasi Google Classroom Dalam Kegiatan Pembelajaran Matematika Di SMP Negeri 5 Mendoyo Kabupaten Jembrana”, yang ditulis oleh Ni Luh Gede Suariyani, seorang guru dari Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Mendoyo. Tujuan tulisannya adalah untuk mengetahui apakah melalui implementasi aplikasi google classroom dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IXA semester ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 di SMP Negeri 5 Mendoyo.

          Artikel keenam, ditulis oleh I Wayan Suarna, seorang guru dari Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Penebel. Judul artikelnya, adalah “Penerapan Model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Penebel”. Tujuan tulisannya, adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar
siswa setelah penerapan model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw pada pembelajaran mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS 3 Semester I Tahun pelajaran 2019/2020.

          Artikel ketujuh, dengan judul “Determinasi Hukuman Sebagai Alat Pendidikan  Terhadap Perilaku Peserta Didik” yang ditulis oleh I Ketut Sukanta, dosen dari Fakulktas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial IKIP Saraswati. Tujuan tulisannya, adalah untuk mendeskripsikan determinasi hukuman sebagai alat pendidikan terhadap perilaku peserta didik.

          Artikel kedelapan, dengan judul tulisan “Korelasi Antara Penguasaan Kosa Kata Dan Kemampuan Menulis”, karya I Gusti Agung Putri Wirastuti, Ida Ayu Made Sri idiastuti, I Made Muliana, dosen dari Universitas Mahasaraswati Denpasar. Tujuan tulisannya, adalah untuk mengetahui adanya korelasi antara penguasaan kosakata dan kemampuan menulis siswa.

          Artikel kesembilan, dengan judul tulisan “Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah (Studi Evaluatif Terhadap Hasil-Hasil Penelitian Mahasiswa)”, yang ditulis oleh I Made Yasna, Anak Agung Purwa Antara, I Wayan Nayun, dosen dari Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Penbdidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IKIP Saraswati.

          Artikel terakhir, dengan judul “Peranan Aplikasi Photomath Dalam Pembelajaran Matematika Di Era Literasi Digital (Kajian Pustaka)”, yang ditulis oleh Ni Wayan Dian Permana Dewi, I Gusti Agung Handayani, dosen dari Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Penbdidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IKIP Saraswati.

          Dengan online-nya Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) kali ini, kami segenap pengurus Dewan Redaksi Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerja sama semua pihak yang telah mendukung kelancaran dan konsistensi penerbitan Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan).

 

Ketua Dewan Redaksi

Published: 2022-06-27

Articles