PENGANTAR REDAKSI

     Pandemi Covid-19 masih merebak sampai saat ini. Namun, Pandemi Covid-19 tidak mampu menyurutkan minat menulis para tenaga profesional dalam dunia pendidikan. Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi terutama di bidang penelitian tetap berjalan dan dilaksanakan oleh para dosen. Demikian juga halnya dengan para profesional guru. Semangat para guru untuk menulis tidak surut walau dalam Pandemi Covid-19. Karya-karya tulis mereka sebagai bukti wujud kinerjanya sebagai tenaga profesional.  

     Meskipun kondisinya demikian, Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) juga terus berusaha mengembangkan dan meningkatkan kualitasnya menuju terakreditasi. Sejak Volume 18 No.1 Juni 2020, Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) sudah memiliki DOI dengan Prefiks 10.46444. Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) telah terindeks di Google Scholar, terindeks di Portal Garuda. Untuk bisa diakredatasi,  Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) sudah didaftarkan di Arjuna pada tanggal 30 September 2020 dan dinyatakan lolos desk evaluasi (evaluasi dokumen) pada tanggal 24 Oktober 2020, dan kini dalam proses penilaian mulai tanggal 26 November 2020. Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) sudah masuk di database Arjuna.  Namun sayang, kami Dewan Redaksi harus bersabar menunggu hasil akreditasi karena belum turun. Sebabnya adalah pada penilaian periode III ada satu Asesor yang belum bisa menuntaskan penilaiannya sehingga hasil penilaiannya belum keluar (menurut  salah satu petugas di Belmawa). Oleh karena itu, Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) secara otomatis masuk penilaian pada periode I tahun 2021 dan menunggu hasil penilaian dari Tim Asesor.

     Pada edisi kali ini, ada delapan tulisan berasal dari guru-guru, baik guru SMA maupun guru SMP dan ada dua artikel dari dosen. Dari sepuluh artikel yang diterbitkan pada Volume 19, Nomor 1, Juni 2021, ada satu artikel menggunakan bahasa Inggris. Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) pada terbitannya kali ini dimulai dengan artikel pertama berbahasa Inggris dengan judul “The Analysis Of English Idioms Using Part Of The Body In Novel “The Adventures Of Tom Sawyer” By Mark Twain And Their Idiomatic Translation Into Indonesian”, yang dtulis oleh seorang dosen, I Gusti Agung Putri Wirastuti, dari Universitas Mahasaraswati Denpasar.

     Artikel kedua dari seorang guru SMA Negeri 1 Petang, A. A. Ngurah Yuliawati, dkk., dengan judul artikelnya. “Implementasi Model Pembelajaran Snowball Throwing  Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X Ips1 Sma Negeri 1 Petang”. Tujuan tulisannya adalah untuk  mengetahui peningkatan minat belajar dalam pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X IPS1 Semester II di SMA Negeri 1 Petang Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah implementasi model pembelajaran Snowball Throwing.

     Artikel ketiga dari seorang guru SMP Negeri 1 Tabanan, Ni Putu Eka Putri Agustini, dengan judul artikelnya “Efektifitas Pembelajaran IPS melalui Metode Out Door Study dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa  A SMP Negeri 1 Tabanan Tahun Pelajaran 2018/2019”. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar melalui pembelajaran out door study pada siswa  kelas VIII A semester Genap SMP Negeri 1 Tabanan tahun pelajaran 2018/2019.

     Artikel keempat ditulis oleh I Wayan Sudiarta, dkk. dosen dari IKIP Saraswati, dengan tulisan berjudul “Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Daring Di Masa Pandemi Covid -19  Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa”. Tujuannya adalah berpikir kritis perlu ditumbuhkan dari tingkat dasar dan menengah sebagai dasar untuk menganalisis argumen dan dapat mengembangkan pola pikir secara logis.

     Artikel kelima dari seorang guru SMP Negeri 5 Kediri, Tabanan, Ni Nyoman Yasmin, dengan judul tulisan “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dengan debat aktif”. Tujuan tulisannya adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran problem solving dengan debat aktif.

     Artikel  keenam berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar tentang Sel melalui Implementasi Pembelajaran Daring Aplikasi Google Classroom  pada Siswa Kelas XI IPA.1 SMA Negeri 1 Tegallalang” ditulis oleh Dewa Putu Budiyasa, guru SMA Negeri 1 Tegallalang. Tujuan penelitian tindakan kelas ini, untuk meningkatkan hasil belajar tentang Sel melalui implementasi pembelajaran daring dengan aplikasi Google Classroom pada siswa kelas XI IPA.1 SMA Negeri 1 Tegallalang tahun pelajaran 2019/2020.

     Artikel ketujuh berjudul “Meningkatkan Prestasi Keterampilan Menulis Teks Eksposisi melalui Metode Kooperatif Tipe Picture and Picture  pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tegallalang ditulis oleh I Ketut Meres, guru SMA Negeri 1 Tegallalang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi keterampilan menulis teks eksposisi  pada siswa kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Tegallalang dengan menerapkan metode kooperatif tipe picture and picture.

     Artikel kedelapan berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Elastisitas Benda dan Hukum Hooke melalui Metode Eksperimen  Berbasis Pembelajaran Kooperatif pada Siswa Kelas XI IPA.3 SMA Negeri 1 Tegallalang”, ditulis oleh I Made Loko , seorang guru SMA Negeri 1 Tegallalang”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk  meningkatkan  hasil belajar  elastisitas benda dan hukum Hooke mata pelajaran fisika pada siswa kelas kelas XI IPA.3 SMA Negeri Negeri 1 Tegallalang, melalui penerapan metode Eksperimen berbasis pembelajaran koopertif

     Artikel Kesembilang Berjudul “Penggunaan Model  Pembelajaran Contextual Teaching  And  Learning Dengan Latihan Keterampilan Yang Benar Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Belajar Bahasa Indonesia”, ditulis oleh I Made Nurdiana, seorang guru dari SMA Negeri 1 Penebel. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

     Artikel terakhir, yakni yang kesepuluh karya Ni Wayan Supriati, guru SMA Negeri 1 Penebel, Tabanan, dengan karyanya berjudul “Meningkatkan Kualitas Kedisiplinan Mengikuti Tata Tertib Sekolah Melalui Konseling Individual”. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model konseling individu dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mengikuti tata tertib sekolah.

     Dengan online-nya Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) kali ini, kami segenap pengurus Dewan Redaksi Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerja sama semua pihak yang telah mendukung kelancaran dan konsistensi penerbitan Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan).

 

Ketua Dewan Redaksi

Published: 2021-06-08

Articles