MENINGKATKAN KUALITAS KEDISIPLINAN MENGIKUTI TATA TERTIB SEKOLAH MELALUI KONSELING INDIVIDUAL

  • I Wayan Supriati IKIP Saraswati
Keywords: konseling individu, kedisiplinan

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Penebel. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model konseling individu dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mengikuti tata tertib sekolah. Metode pengumpulan datanya adalah observasi. Metode analisis datanya adalah deskriptif untuk data kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah konseling individu dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mengikuti tata tertib sekolah. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Siklus I meningkat nilai rata-rata menjadi 72,06 dari data awal. Dari Siklus I ke Siklus II naik nilai rata-ratanya menjadi 91,27. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah konseling individu dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mengikuti tata tertib sekolah.

Published
2021-06-11