PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN LATIHAN KETERAMPILAN YANG BENAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA BELAJAR BAHASA INDONESIA

  • I Made Nurdiana IKIP Saraswati
Keywords: Model pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Latihan Keterampilan (Drill Method), prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Penebel Kelas XII MIPA 3 Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan metode latihan keterampilan (drill method) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya baru mencapai nilai rata-rata 66,30 dengan ketuntasan belajar 47,82%, pada Siklus I meningkat menjadi 71,74 dengan ketuntasan belajar 69,57% dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 74,48 dengan ketuntasan belajar 86,96%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan metode Latihan Keterampilan (Drill Method) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Published
2021-06-11