MENINGKATKAN PRESTASI KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TEGALLALANG

  • I Ketut Meres IKIP Saraswati
Keywords: metode picture and picture, prestasi keterampilan menulis teks eksposisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi keterampilan menulis teks eksposisi
pada siswa kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Tegallalang dengan menerapkan metode kooperatif
tipe picture and picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA2 SMA Negeri 1
Tegallalang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 33 siswa. Sumber data dalam
penelitian ini adalah observasi kelas dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
teknik analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran
dengan metode kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan prestasi keterampilan
menulis teks eksposisi pada siswa kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Tegallalang dari pra siklus ke
siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan: (1)
prestasi ketrampilan menulis teks eksposisi siswa dari siklus I ke siklus II yang cukup
signifikan; (2) rata-rata nilai prestasi keterampilan menulis teks eksposisi siswa, yaitu dari
68,40 pada pra siklus menjadi 79,23 pada siklus I, dan 84,91pada siklus II ;3) peningkatan
ketuntasan belajar sebesar 42,42% pada pra siklus, meningkat pada siklus I sebesar 90,90%
serta lebih miningkat 100% pada siklus II.

Published
2021-06-11