EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI METODE OUT DOOR STUDY DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA A SMP NEGERI 1 TABANAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Ni Putu Eka Putri Agustini IKIP Saraswati
Keywords: Efektifas Pembelajaran IPS , minat belajar ,Pembelajaran Out door Study

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatan minat belajar melalui pembelajaran out door study pada siswa kelas VIII A semester Genap SMP Negeri 1 Tabanan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan rancangan dua (dua) siklus . Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Tabanan semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah Siswa 32 orang. Instrumen penelitian berupa kuisoner minat belajar siswa sedangkan aktivitas belajar dengan lembar observasi.Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan persentase.Hasil analisis menunjukan sebelum tindakan minat siswa jumlah skor 2048 rata-rata 64 persentase 64% termasuk kategori rendah . Pada Siklus I naik menjadi 2270, rata-rata 70,93 dengan persentase 70,93% kategori sedang . Pada siklus 2 naik menjadi 2566 rata-rata 80,18 persentase 80,18% termasuk kategori tinggi Selanjutnya persentase peningkatan sebelum tindakan ke siklus 1 sebesar 6,93% Dari sebelum tindakan ke siklus 2 16,18% Kesimpulannya adalah dengan mengefektivkan pembelajaran IPS melalui pembelajaran Out Door Study ( belajar di luar kelas ) dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Tabanan tahun pelajaran 2018/2019

Published
2021-06-11