Current Issue

Vol 19 No 2 (2021): SULUH PENDIDIKAN (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan )

PENGANTAR REDAKSI

Bali belum lepas dari bahaya Pandemi Covid-19, dan masih berada dalam status level tiga. Masyarakat masih tetap dihimbau untuk menerapkan protokol kesehatan. Jika harus di luar rumah, hindari tempat ramai, sempit dan atau tertutup.

Meskipun kondisinya demikian, para pendidik tidak berkurang semangatnya untuk berkarya. Dosen-Dosen, dituntut melaksanakan Tridharma perguruan tinggi. Tugas terberat para dosen terletak pada unsur penelitian yang harus dipenuhi karena berkaitan dengan BKD. Tanpa berkarya, BKD tidak terpenuhi berdampak pada tidak dibayarkannya tunjangan profesi. Guru-Guru, juga harus berkarya sesuai profesinya karena tuntutan tugas. Dalam hal ini, untuk peningkatan karier (naik pangkat).

Tak lekang oleh panas tak lapuk oleh hujan, kata peribahasa. Begitu juga Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) tetap terus berusaha mengembangkan dan meningkatkan kualitasnya menuju terakreditasi. Sejak Volume 18 No.1 Juni 2020, Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) sudah memiliki DOI dengan Prefiks 10.46444. Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) telah terindeks di Google Scholar, terindeks di Portal Garuda, di Crossref, dan di ISJD LIPI. Untuk bisa diakreditasi,  Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) sudah OJS, sudah didaftarkan dan sudah masuk database Arjuna pada tanggal 30 September 2020. Selanjutnya, dinyatakan lolos desk evaluasi (evaluasi dokumen) pada tanggal 24 Oktober 2020, dan kini dalam proses penilaian mulai tanggal 26 November 2020. Namun sayang, kami Dewan Redaksi harus bersabar menunggu hasil akreditasi karena belum turun. Sebabnya adalah pada penilaian periode III ada satu Asesor yang belum bisa menuntaskan penilaiannya sehingga hasil penilaiannya belum keluar (menurut  salah satu petugas di Belmawa). Oleh karena itu, Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) secara otomatis masuk penilaian pada periode I tahun 2021.

Dengan adanya penyatuan dua Kementerian, yakni Kemenristekdikti dengan Kemendikbud menjadi Kemendikbudristek, tentunya ada beberapa penyesuaian dasar hukum dan pedoman akreditasi. Sesuai surat edaran tertanggal 27 September 2021, penilaian akreditasi  jurnal sudah mulai dilaksanakan. Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) telah dinilai mulai tanggal 1 Juli 2021 dan akhir penilaian tanggal 5 Juli 2021. Oleh karena itu, kami menunggu SK Penetapan dari Dirjen Diktiristek.

Pada edisi kali ini, ada enam tulisan berasal dari guru-guru, baik guru SMA/SMK maupun guru SMP dan Guru SD, yang berasal dari Kabupaten Badung, Gianyar, Buleleng, Karangasem, dan Tabanan. Ada empat artikel dari dosen, yang berasal dari Unmas, Politeknik Nasional Denpasar, Undiksha, dan IKIP Saraswati. 

Pada terbitan Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) kali ini, dimulai dengan artikel pertama berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam Upaya untuk  Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa” yang ditulis oleh tim GN Oka Diputra, Anak Agung Kompiang Rusmini , Ida Bagus Anom Sutanaya, Dosen IKIP Saraswati. Tujuan tulisannya adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII K SMP Negeri 1 Tabanan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Artikel kedua dari seorang guru SMA Negeri 1 Kuta Utara, I Gusti Nyoman Naranata, dengan judul artikelnya. “Supervisi Akademik dengan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Form untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring di SMA Negeri 1 Kuta Utara”. Tujuan tulisannya adalah untuk meningkatkan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring melalui pelaksanaan supervisi akademik dengan menggunakan aplikasi zoom meeting dan google form.

Artikel ketiga dari seorang guru SMA Negeri 4 Singaraja, Suratni, dengan judul artikelnya “Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 4 Singaraja”. Tujuan tulisannya adalah untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa melalui model Discovery Learning pada mata pelajaran Biologi siswa kelas X.

Artikel keempat berjudul ”Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita Melalui Metode Cooperative Script pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Denpasar”, karya IGA Putu Tuti Indrawati, Ni Luh Sukanadi, Natalia Alvionita, Dosen FKIP UNMAS Denpasar. Tujuan tulisannya adalah untuk mendapatkan data yang objektif, bahwa dengan metode Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan menyimak berita pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020, dan untuk menemukan langkah-langkah yang tepat dalam pembelajaran Cooperative Script untuk meningkatkan keterampilan menyimak berita melalui metode Cooperative Script pada siswa kelas VIII A SMP NEGERI 2 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020.

Artikel kelima berjudul “Penerapan Model Problem Based Learning  untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa SMP Negeri 1 Tabanan”, karya Anak Agung Kompiang Rusmini, Guru SMP Negeri 1 Tabanan. Tujuannya menulis adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021.

Artikel keenam dengan judul “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Budaya Lokal untuk  Meningkatkan Keterampilan  Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Singaraja”, karya Kadek Agus Jaya Pharhyuna A.M., Guru Bahasa Inggris SMKN 1 Singaraja. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan pengembangan media interaktif  berbasis budaya lokal; untuk mengetahui pengaplikasian media interaktif berbasis budaya lokal dalam pembelajaran Bahasa Inggris; dan untuk mengetahui efektifitas media interaktif  berbasis budaya lokal dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Artikel ketujuh ditulis oleh seorang guru dari SMP Negeri 1 Selemadeg, I Dewa Made Oka Wardana, dengan judul artikel “Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Permainan Bola Voli pada Siswa  di SMP Negeri 1 Selemadeg”. Penelitian ini mengkaji masalah rendahnya prestasi belajar permainan  bola voli pada siswa kelas VII A tahun pelajaran 2019/2020.

Artikel kedelapan ditulis oleh Ni Luh Armini, guru SD Negeri 2 Tianyar Barat Karangasem. Tulisannya berjudul “Penerapan Metode the Power of Two Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bangun Ruang pada  Siswa  Kelas VI SD Negeri 2 Tianyar Barat Karangasem ”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun ruang siswa  kelas VI SD Negeri 2 Tianyar Barat Karangasem melalui penerapan metode The Power of Two berbantuan alat peraga.

Artikel kesembilan, berjudul “Evaluasi Pembelajaran Teks Persuasif dengan Memanfaatkan Aplikasi  Google Classroom”, karya Ni Made Rai Wisudariani1, Ni Putu Seniwati2, I Made Maduriana3, I Wayan Nayun4 , Dosen Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Universitas Pendidikan Ganesha1, FPMIPA, IKIP Saraswati2,3,4. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran teks persuasif dengan memanfaatkan aplikasi google classroom dan perbedaannya dengan evaluasi dalam strategi pembelajaran luar jaringan.

Artikel kesepuluh, terakhir, berjudul “Kontribusi Biaya Pendidikan dan Pengelolaan Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI 1 Badung”, karya Hery Nugroho, Ni Rai Seni, Dosen Politeknik Nasional Denpasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi biaya pendidikan dan pengelolaan pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK PGRI 1 Badung.

Dengan online-nya Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) kali ini, kami segenap pengurus Dewan Redaksi Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan) mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerja sama semua pihak yang telah mendukung kelancaran dan konsistensi penerbitan Jurnal Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan).

 

Ketua Dewan Redaksi

Published: 2021-12-15

Articles

View All Issues

Indexed by :