KOMPARASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBANTUAN MICROSOFT POWER POINT DENGAN BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IX H SMP NEGERI 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • wiyanti pratiwi ikip saraswati
Keywords: Pembelajaran Jarak Jauh, Vidio Pembelajaran, Microsoft Power Point, Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui perbedaan pembelajaran jarak jauh berbantuan video pembelajaran dengan berbantuan Microsoft power point terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IX H SMP Negeri 1 Kediri. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini adalah 29 siswa yang terdiri dari 29 siswa yang terdiri dari 14 perempuan dan 15 laki-laki yang bergabung dalam satu group whatsapp. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara memeberikan tes pemahaman konsep pada pretest dan posttest. Teknik Analisa data yang digunakan adalah uji statisti dengan uji dependen sampel T-test dengan menggunakan software package for science (SPSS)Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata pretest   adalah  71,2069 sedangkan nilai rata-rata posttest setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh berbantuan Microsoft power point adalah 75,5172. (2) nilai rata-rata posttest setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh berbantuan video adalah 79,4828. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh berbantuan Microsoft power point dengan setelah mengikuti pembelajaran jarak jauh berbantuan video  pembelajaran terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IX H SMP Negeri 1 Kediri tahun ajaran 2020/2021.

Published
2021-08-25