PENGARUH PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 3 TABANAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Ruben Ama Kii IKIP Saraswati Tabanan
Keywords: Pengaruh Pendidikan Orang Tua, Prestasi Belajar, IPS Terpadu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS/sejarah melalui pengaruh pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 3 Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021.Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tabanan tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah sisiwa kelas VII B yang terdiri dari 38 orang siswa. Sedangkan objek penelitian adalah peningkatan motivasi belajar siswa. Perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Temuan penelitian ini awalnya dilihat dari prasiklus bahwa prestasi belajar siswa masih rendah yaitu dengan nilai rata-rata 63, 15 dan di siklus I meningkat menjadi 70,13 begitu juga dengan siklus II juga meningkat dengan nilai rata-rata 80,45. Ini tanda bahwa adanya penagruh orang tua terhadap presatasi belajar siswa sangat baik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian ini dapat diberikan rekomendasi sebagai berikut kepada kepala sekolah disrankan untuk mendorong guru bereksperimen menerapkan sebagai model pembelajaran dan multi metode. Kepada guru disarankan untuk senantiasa melakukan perbaikan pembelajaran. Kepada siswa disarankan untuk mengikuti pembelajaran secara seksama dan mengikuti belajar secara aktif dan kreatif baik di sekolah maupun luar sekolah. Menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dengan sebaik-baiknya dan diselesaikan dengan tepat waktu.

Published
2021-08-25