MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN KERANGKA TEKS MENJADI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII E SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TABANAN

  • Ni Nengah Mita Apriliani IKIP Saraswati
  • I Wayan Soper
  • I Wayan Nardi
Keywords: Kata Kunci : Menulis, Kerangka Karangan/Teks, Teks Eksplanasi, Metode Kontruktivisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang objektif dalam upaya meningkatkan kemampuan mengembangkan kerangka teks menjadi teks eksplanasi dengan menerapkan metode kontruktivisme siswa kelas VIII E Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode observasi dan metode tes. Metode observasi digunakan untuk mendapatkan data tentang sikap pada siswa. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengembangkan kerangka teks menjadi teks eksplanasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam mengembangkan kerangka teks menjadi teks eksplanasi siswa kelas VIII E Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021 setelah menggunakan metode kontruktivisme mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada peningkatan nilai siswa yang diperoleh dari prasiklus yaitu 52,78% dengan nilai rata-rata yaitu 64,72, siklus I dengan persentase 75% dengan nilai rata-rata yaitu 69,72. Peningkata dari siklus I ke siklus II sebesar 11,12 pada siklus II seluruh siswa telah tuntas (100%) dengan nilai rata-rata yaitu 76,67. Peningkatan skor tersebut merupakan tanda bahwa kemampuan mengembangkan kerangka teks menjadi teks eksplanasi siswa kelas VIII E Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021 semakin baik setelah menerapkan metode kontruktivisme. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode kontruktivisme kemampuan siswa mengalami peningkatan.

Published
2021-08-25