UPAYA MENINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) KELAS VIII F DI SMP NEGERI 3 TABANAN TAHUN AJARAN 2020/2021

  • viktorinus umbu warata IKIP SARASWATI
Keywords: Berpikir Kritis, Model PBL, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitan sebagai berikut : 1) Apakah ada upaya meningkatkan berpikir kritis siswa pada pembelajaran sejarah dalam penerapan model PBL siswa kelas VIII F di SMP Negeri 3 Tabana tahun pelajaran 2020/2021 2) Apakah ada respon belajar siswa terhadap pembelajaran sejarah dalam penerapan model pembelajaran PBL siswa kelas VIII F di SMP Negeri 3 Tabanan Tahun 2020/2021. Berarti dengan tercapainya kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan melalui skor rata-rata sebesar 517 dengan kategori tingkat kekritisan tinggi, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 84,56 dengan kategori sangat baik, dan tanggapan model pembelajaran berbasis masalah yang ditunjukkan melalui skor keseluruhan sebesar 1624 dengan kategori tanggapan baik dari para siswa, kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas X VIII F SMP Negeri 3 Tabanan dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan film sebagai sumber belajar, telah mencapai indikator keberhasilan. Sehingga kegiatan pembelajaran tidak perlu dilakukan perbaikan lagi pada siklus selanjutnya. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dan pembahasan penelitian tindakan kelas ini, maka dapat diambil simpulan sebagai berikut : Dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan buku sebagai sumber belajar pada pokok bahasan Sikap Pantang Menyerah dan Ulet kelas X VIII F SMP Negeri 3 Tabanan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini terbukti dari data kemampuan berpikir kritis siswa yang menunjukkan adanya peningkatan yaitu dari semula pada siklus I skor rata-ratanya sebesar 420 dalam kategori tingkat kekritisan rendah, pada siklus II menjadi 517 dalam kategori tingkat kekritisan tinggi. Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan buku sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sikap pantang menyerah dan ulet. Hal ini terbukti dari data hasil belajar siswa yang menunjukkan adanya peningkatan yaitu dari yang semula pada siklus I rata-rata hasil belajarnya sebesar 74,85 pada siklus II menjadi 84,56. 103.

Published
2021-08-25