MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI TAYANGAN VIDEO SISWA KELAS VII C SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 MARGA

  • Daniel U. Pila Damangaha IKIP Saraswati
  • I Nyoman Suaka, Dosen Pembimbing 1
  • Ni Putu Parmini, Dosen Pembimbing 2
Keywords: Menulis, Teks Deskripsi, Metode Konstruktivistik

Abstract

Salah saru dari empat keterampilan berbahasa yang perlu mendapatkan perhatian yang lebih serius adalah keterampilan menulis karena menulis merupakan keterampilan berbahasa yang cukup kompleks. Tujuan penelitian ini untuk memberikan sumbangan pemikiran/pendapat dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi melalui tayangan video siswa kelas VIIC Sekolah Menengah Pertama Negerin 4 Marga Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dengan jumlah siswa 26 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode observasi dan metode tes. Metode observasi digunakan untuk mendapatkan data tentang sikap dan perilaku siswa. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks deksripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis teks deskripsi melalui tayangan video siswa kelas VII C Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Marga Tahun Pelajaran 2020/2021 setelah menerapkan metode konstruktivistik mengalami peningkatan. Hal dibuktikan pada prasiklus nilai rata-rata yaitu 59,23 meningkat di siklus I menjadi 69,23. Peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 16,88. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 18,33. Pada siklus II seluruh siswa telah tuntas (100%) dengan nilai rata-rata 81,92. Peningkatan skor tersebut merupakan tanda bahwa kemampuan menulis teks deskripsi melalui tayangan video siswa kelas VII C Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Marga Tahun Pelajaran 2020/2021 semakin baik setelah menerapkan metode konstruktivistik dalam kegiatan belajar pembelajaran karena telah terbukti bahwa penerapanmetode konstrutivistik dapat meningkatkan kemampuan siswa.

Published
2021-08-25