PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DARING PPKn TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII D

  • adrianus rudi IKIP Saraswati
Keywords: model pembelajaran daring, prestasi belajar PPKn

Abstract

Pendidikan merupakan media yang sangat berperan untuk menciptakan manusia yang berkualitas dan berpotensi dalam arti yang seluas-luasnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran berbasis daring terhadap siswa kelas VII D SMP N 6 Tabanan tahun pelajaran 2020/2021? Apakah pembelajaraan berbasis daring dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas VII D SMP N 6 Tabanan tahun pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui : (1) proses pembelajaran daring terhadap siswa kelas VII D SMP N 6 Tabanan, (2) prestasi belajar dalam menanggapi materi PPKn dengan model pembelajaran berbasis daring pada siswa kelas VII D SMP N 6 Tabanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP N 6 Tabanan semester genap tahun pelajaran 2020\2021 sebanyak 20 siswa. Data tentang prestasi belajar PPKn dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Data-data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Pada siklus I rata-rata prestasi belajar siswa dalam pelajaran PPKn adalah 61,5 (kategori cukup aktif) pada siklus II meningkat menjadi 69,5 (kategori aktif). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis daring dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas VII D SMP N 6 Tabanan semester genap tahun pelajaran 2020\2021.

Published
2021-08-25