PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA

  • kristina wora deghu IKIP Saraswati
  • I Wayan Gata
  • I Ketut Ardana
Keywords: Pemberian Tugas, Pandemi, Peningkatan Prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Bagaimanakah pengaruh metode pemberian tugas pada masa pandemi Covid19 sebagai strategi pembelajaran dan capaian hasil belajar pada siswa kelas IX B SMP negeri 2 Tabanan Tahun 2020/2021? 2) Sejauh mana efektivitas metode pemberian tugas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada masa pendemi covid 19 pada siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Tabanan Tahun 2020/2021, 3) Bagaimanakah hasil belajar pada masa pandemi Covid19 pada siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Tabanan Tahun 2020/2021? Jenis penelitian ini adalah Penelitian yang disusun oleh penulis ialah deskriptif, dalam pelaksanaannya menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian deskripsi merupakan suatu penelitian paling dasar, yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu fenomena yang terjadi, baik fenomena yang bersifat alami maupun fenomena buatan manusia. Penelitian deskriptif yakni sebuah tindakan yang mempelajari mengenai bentuk, aktivitas, karakter, hubungan, perubahan, perbedaan, dan kesamaan dengan suatu fenomena lainnya. Hasil yang diperoleh dari tindakan penelitian ini dapat menemukan temuan-temuan yang penting sebagai contoh sebuah temuan mengenai sistem tata surya, tanaman yang tumbuh, kehidupan seseorang terhadap lingkungannya, dan sebagainya. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Pembelajaran online dilaksanakan secara daring melalui jaringan internet dengan menyusun perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran oleh guru. Pendekatan pembelajarannya dilakukan dengan menerangkan materi melalui video. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa tidak semua siswa dapat menjalani pembelajaran online dan hasil belajar tidak semua tercapai disebabkan berbagai faktor seperti siswa tidak mempunyai handphone atau aplikasi WhatsApp , signal internet yang sulit dijangkau sebab rumah siswa yang berada di desa, kesadaran siswa akan tanggungjawabnya dalam mengerjakan tugas masih kurang, dan kesadaran orangtua maupun kondisi lingkungan di sekitar siswa yang kurang mendukung sehingga menyebabkan capaian hasil belajar siswa kurang maksimal.

Published
2021-08-25