THE IMPLEMENTATION OF DISCOVERYLEARNING METHOD TO IMPROVE READING COMPREHENSION ON DESCRIPTIVE TEXT TO THE EIGHTH GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 3 TABANAN

  • Gusti Ayu Dwi Idayanthi IKIP Saraswati
  • Gusti Ayu Gede Sukraningsih
  • Ni Putu Wulantari
Keywords: Metode Pembelajaran Penemuan, Pemahaman Membaca dan Teks Deskriptif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman teks deskriptif.  Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tabanan tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 34 siswa.  Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes.  Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.  Prosedur penelitian ini dilakukan dengan pre-test dan post-test.  Post-test dilakukan dalam dua siklus.  Setiap siklus terdiri dari : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test adalah 67,5 dan persentase siswa yang lulus KKM adalah 23,53%. Kemudian dengan nilai rata-rata 73,87 dan persentase siswa yang lulus KKM adalah 44,11% pada post-test 1, selanjutnya dengan nilai rata-rata 75,31 dan persentase siswa yang lulus KKM adalah 79,41% pada post-test 2. Berdasarkan hasil di atas, penerapan metode discovery learning efektif digunakan dalam meningkatkan pemahaman membaca  pada teks deskriptif.

Published
2021-08-25