PENERAPAN BUDAYA LITERASI DI ERA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA SMP

  • Putu Susianti IKIP Saraswati
  • I Wayan Kandia
  • Ni Wayan Sadri
Keywords: Budaya literasi, hasil belajar, respon siswa

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VII SMPK 2 Harapan Tahun Pelajaran 2020/2021 melalui penerapan Budaya Literasi. (2) mengetahui tanggapan atau respon siswa terhadap pembelajaran PPKn setelah menerapkan Budaya Literasi.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran, dengan tahapan-tahapan dalam tiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC yang berjumlah 35 orang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Data yang dicari dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa dan tanggapan atau respon siswa. Data yang telah terkumpul tersebut, selanjutnya Diana-lisis secara deskriftif. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) pembelajaran dengan menerapkan budaya literasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa Tahun Pelajaran 2020/2021, dengan perolehan nilai rata-rata hasil tes pada siklus I sebesar 74% dengan kategori cukup dan ketuntasan belajar 74,29% meningkat pada siklus II sebesar 86% dengan kategori baik dan ketuntasan belajar menjadi sebesar 100%. 2) tanggapan atau respon siswa terhadap budaya literasi yang diterapkan dalam pembelajaran sangat positif.

Published
2021-08-25