PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 TABANAN

  • I GDE DIVA PUTRA NUGRAHA IKIP Saraswati
  • I MADE YASNA I WAYAN NAYUN
Keywords: Kata kunci : Pembelajaran Matematika daring, Prestasi Belajar

Abstract

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 2 Tabanan Tahun Ajaran 2020/2021. Serta untuk mengetahui apa saja kendala dan hambatan yang dirasakan guru maupun murid ketika melakukan kegiatan belajar mengajar via daring selama masa pandemi covid-19 ini. Responden adalah siswa kelas VIII karena mereka sudah lebih menguasai penggunaan internet. Penelitian ini menggunakan metode Pencatatan Dokumen. Data diperoleh melalui nilai rapor siswa kelas VIII kemudian data tersebut diolah menggunakan t-test untuk mencari seberapa besar pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring tidak mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa.Berdasarkan analisis data menggunakan t-test diperoleh nilai t hitung = 1,215. Nilai t hitung ( 1,215) tersebut, selanjutnya dibandingkan dengan nilai t tabel dengan dk =  +  – 2 = 138 – 2 = 136. Dengan dk 136, dan bila taraf kesalahan ditetapkan sebesar 0,05 maka t tabel = 1,977.Nilai t hitung kurang dari nilai t tabel (1,215 < 1,977), sehingga H0 diterima dan Ha di tolak. Maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut tidak mempunyai varian yang homogen.Setelah melihat hasil analisis, nilai t hitung kurang dari t tabel (1,215< 1,977),. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran matematika daring terhadap prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini kemungkinan terjadi karena lemahnya niat belajar siswa menggunakan model pembelajaran daring, kurangnya akses internet di rumah-rumah siswa yang tempatnya terpencil, susahnya memahami materi melalaui metode pembelajaan daring, kurang keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring dan kurangnya pengawasan dari orang tua siswa

 

 

Published
2021-08-25