MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI VIDIO PEMBELAJARAN DARING BERBASIS KARTUN PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 6 TABANAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • viktorinus sino IKIP Saraswati
  • Dewa Nyoman Oka
  • Ni Nyoman Serma Adi
Keywords: Model Vidio Pembelajaran Dring Berbasis Kartun, Motivasi, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Vidio Pembelajaran Daring Berbasis Kartun dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPA kelas VII B SMP Negeri 6 Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan rancangan penelitian menggunakan II siklus. Di mana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya siswa kelas VII B SMP Negeri 6 Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa terdiri dari 32 orang.perempuan terdiri dari 17 orang dan laki-laki 15 orang.Metode analisis data yang digunakan dengan menggunakan metode statistik deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi motivasi dan tes prestasi belajar siswa. Pada refleksi awal nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 60,16 dengan kategori kurang aktif, pada siklus I 72 dengan kategori cukup aktif, dan pada siklus II 83,5 dengan kategori sangat aktif. Sedangkan nilai motivasi belajar IPA siswa kelas VII B SMP Negeri 6 Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021 sangat baik. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata hasil observasi siswa pada siklus I yakni 67,66 dan meningkat menjadi 84,16 pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahawa penerapan model pembelajaran Vidio Pembelajaran Daring Berbasis Kartun dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPA kelas VII B SMP Negeri 6 Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021.

Published
2021-08-25