UPAYA – UPAYA GURU IPS DALAM MEMPERTAHANKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 3 TABANAN

  • anjelina ina kaka IKIP Saraswati
Keywords: Upaya Guru, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui upaya-upaya guru IPS dalam mempertahankan hasil belajar siswa pada kelas VIIIB SMP N 3 Tabanan tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian (research) berarti pencarian kembali. Pencarian yang dimaksudkan adalah pencarian terhadap pengetahuan yang benar (ilmiah), karena hasil dari pencarian ini akan dipakai untuk menjawab permasalahan tertentu. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Yang dimaksud dengan penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian, dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Penelitian tindakan kelas merupakan studi sistematis yang dilakukan dalam rangka memperbaiki praktik-praktik dalam pendidikan agar hasil belajar siswa lebih meningkat dengan melakukan tindakan praktis secara refleksi dan tindakan. Penelitian dilakukan di kelas VIII IPS SMP Negeri 3 Tabanan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya dari dua pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Kompetensi kinerja guru dalam mata pelajaran sejarah meningkat dari siklus I sebesar 52% pada kategori cukup meningkat pada siklus II sebesar 66,36% pada kategori baik. Aktivitas siswa dalam mata pelajaran sejarah meningkat dari siklus I sebesar 62,74% pada kategori cukup menunjukkan peningkatan pada siklus II sebesar 75,36% pada kategori baik. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah meningkat dari kondisi prasikus dengan presentase ketuntasan belajar 8,83% meningkat pada siklus I menjadi sebesar 62,74% pada kategori cukup menunjukkan peningkatan pada siklus II sebesar 75,36% pada kategori baik

Published
2021-08-25