KORELASI ANTARA KEMAMPUAN SISWA DALAM PENGUASAAN APLIKASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IX D SEMESTER I SMP NEGRI 2 TABANAN TAHUN PELAJARAN 20202021

  • Ni Putu Sania Dewi IKIP Saraswati
  • I Ketut Surata
  • I Gst Agung Ayu Nova Dwi Marhaeni
Keywords: Aplikasi Pembelajaran Jarak Jauh, Hasil Belajar IPA, Pembelajaran Jarak Jauh.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kolerasi antara kemampuan penguasaan aplikasi pembelajaran jarak jauh dengan hasil belajar IPA siswa dan seberapa kuat korelasinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan instrumen kuesioner siswa, lembar pengamatan guru dan dokumentasinya menggunakan pencatatan nilai siswa yang diperoleh dari wali kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Bivariate Pearson dengan bantuan SPSS for windows versi 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan penguasaan aplikasi pembelajaran jarak jauh berkolerasi positif dan signifikan dengan hasil belajar IPA. Nilai r hitung product moment yang diperoleh dari analisis data adalah 0,698 lebih besar dari nilai r tabel 0,361. Korelasi antara kedua variabel berada pada kategori kuat. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan penguasaan aplikasi pembelajaran jarak jauh berkolerasi kuat dengan hasil belajar IPA siswa kelas IX D semester I SMP Negeri 2 Tabanan.

Published
2021-08-25