KINERJA GURU IPA TERHADAP IMPLEMENTASI K13 PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH SISWA KELAS VIIID SEMESTER I SMP NEGERI 3 TABANAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • yuliana kaka IKIP Saraswati Tabanan
  • I Made Sudiana
  • Gst Agung Ayu Nova Dwi Marhaeni
Keywords: Kata kunci: Kinerja Guru, Pembelajaran jarak jauh

Abstract

Pembelajaran jarak jauh secara online juga mampu menumbuhkan kemandirian belajar siswa.
Belajar tanpa bimbingan langsung dari guru membuat siswa secara mandiri mencari informasi mengenai
materi pelajaran dan tugas-tugas yang diberikan kepada mereka. Beberapa aktivitas yang dilakukan
adalah membaca buku referensi, artikel online, atau berdiskusi dengan rekan sebaya melalui aplikasiaplikasi
pesan instan.dalam penerapan kurikulum 2013, seorang guru hendaknya paham bahwa setiap
mata pelajaran harus mencakup 3 kompetensi, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penelitian ini
bertujuan dalam mengetahui kinerja guru mata pelajaran IPA di SMP Negeri 3 Tabanan merencanakan
perangkat, melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013
selama pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian ini termasuk non-experimental, dengan rancangan
penelitian deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan kuesioner. Analisis data
yang digunakan adalah skala likert level 4. Berdasarkan hasil analisis data siswa yang memberikan
tanggapan sangat baik terhadap kinerja guru sebesar 17% (4 orang), sedangkan yang memberikan
tanggapan baik sebesar 74 % (17 orang), siswa yang memberikan tanggapan cukup sebesar 9%
(2 orang), siswa yang memberikan tanggapan kurang sebesar 0% (0 orang),siswa yang memberikan
tanggapan yang sangat kurang 0 % (0 orang). Hasil penelitian adalah tanggapan siswa terhadap kinerja
guru pada saat pembelajaran jarak jauh berada dalam katagori baik (59,52) dan tanggapan guru berada
dalam katagori baik (58,5). Kesimpulannya, kinerja guru selama pembelajaran jarak jauh di SMP Negeri 3
Tabanan dalam kategori baik.

Published
2021-08-25