PERAN GURU IPS (SEJARAH) DALAM PENGGUNAAN PLATFORM DIGITAL PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI

  • martinus daryanto IKIP Saraswati
Keywords: Kata Kunci : Peran Guru, Platform Digital, Pandemi

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Bagaimana peranan guru sejarah dalam Penggunaan Platform Digital Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di SMPN 6 Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021? (2) Bagaimana kesulitan-kesulitan yang dialami guru sejarah Penggunaan Platform Digital Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di SMPN 6 Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021? Jenis penelitian ini adalah penelitian Penelitian penulis menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Rancangan penelitian ini dipilih karena penelitian ini untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah : Peranan guru sejarah dalam menumbuhkan kesadaran sejarah pada siswa SMP Negeri 6 Tabanan upaya yang dilakukan oleh guru sejarah adalah melalui pembelajaran platform, digital atau e-learning. Hasil angket (teknik pengumpulan data) menunjukkan bahwa peranan guru Sejarah dalam menumbuhkan kesadaran sejarah siswa terlaksana dengan baik. Pandemi covid membawa banyak perubahan dalam setiap aspek kehidupan di dalam aktifitas manusia. Perubahan ini bisa kita manfaatkan untuk menjadikan semangat dalam bidang pendidikan agar menciptakan daya kreativitas tinggi, sehingga dapat melahirkan para guru-guru yang profesional.

Published
2021-08-25