PENGARUH PEMANFAATAN ALAM SEKITAR SEBAGAI MEDIA DAN OBJEK BELAJAR IPA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII B SEMESTER SATU SMP NEGERI 2 TABANAN TAHUN AJARAN 2020/2021 PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

  • Ni Kadek Ayu Fitria Dewi IKIP Saraswati
  • I Made Sudiana
  • I Gede Sudirgayasa
Keywords: alam sekitar, media dan objek belajar IPA, pembelajaran jarak jauh, prestasi belajar.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaat alam sekitar sebagai media dan objek belajar IPA terhadap prestasi belajar siswa kelas VII B semester satu SMP Negeri 2 Tabanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan post-test only control group design. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dari hasil pekerjaan siswa dalam mengerjakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik dengan Uji t Independent. Sebelum dilakukan Uji t, dilakukan uji normalitas dan uji homgenitas terhadap sebaran data. Seluruh pengujian data dilakukam menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan alam sekitar sebagai media dan objek belajar IPA berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas VII B Semester Satu di SMP Negeri 2 Tabanan tahun ajaran 2020/2021 pada pembelajaran jarak jauh. Hal ini terbukti dari capaian pretasi belajar rata - rata antara siswa kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen berbeda secara signifikan. Capaian prestasi belajar rata – rata siswa kelas eksperimen sebesar 81,95 lebih tinggi dari capaian prestasi belajar rata – rata  siswa kelas kontrol sebesar 76,39.  

Published
2021-08-25