MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN BURUNG YANG MALANG SISWA KELAS IX H SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TABANAN

  • maria co'o bule IKIP Saraswati
  • ni nyoman karmini IKIP Saraswati
  • ni nyoman kartini
Keywords: Kata kunci: telaah cerpen, discovery learning, siswa SMP Negeri 2 Tabanan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menelaah unsur-unsur intrinsik cerpen Burung Yang Malang sebelum menerapkan metode discovery learning siswa kelas IX H SMPN2 Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021; mendeskripsikan kemampuan menelaah unsur-unsur intrinsik cerpen Burung Yang Malang setelah menerapkan metode discovery learning siswa kelas IX H SMPN2 Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021; mendeskripsikan peningkatan kemampuan menelaah unsur-unsur intrinsik cerpen Burung Yang Malang siswa kelas IX H SMPN2 Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX H SMPN2 Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021. Data dikumpulkan dengan cara observasi dan tes dan disajikan secara deskriptif. Hasil rata-rata prasiklus adalah 72,06 dengan predikat lebih dari cukup. Siswa yang tuntas pada prsiklus adalah 19 orang dengan persentase ketuntasan 55,88%, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 15 orang dengan persentase 44,12%. Selanjutnya pada siklus I hasilnya meningkat menjadi 78,82 dengan predikat baik dengan ketuntasan 100%, karena itu tidak ada tindakan siklus II. Peningkatan rata-rata kemampuan siswa dalam menelaah unsur-unsur intrinsik cerpen dari prasiklus ke siklus I adalah 6,76. Peningkatan persentase ketuntasan prasiklus ke siklus I adalah 44,12%, Sedangkan persentase peningkatan kemampuan siswa secara menyeluruh adalah 11,44%.

Published
2021-08-25