EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS VIII D DI SMP NEGERI 3 TABANAN

  • maria kontesa dimun IKIP Saraswati Tabanan
Keywords: efektivitas, pembelajaran online, study case

Abstract

Dengan adanya pembelajaran yang terencana maka akan dihasilkan suatu proses pembelajaran yang diatur dengan sedemikian rupa menghasilkan nilai yang diharapkan dengan baik. Bagaimanakah efektivitas pembelajaran IPS pada masa pandemi covid-19 di kelas VIII D di SMP Negeri 3 Tabanan.
Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian berupa studi kasus (study case). Hal ini dikarenakan pada penelitian yang penulis lakukan ini melibatkan kegiatan yang berfokus pada perkembangan suatu kasus yang melibatkan individu ataupun kelompok yang saling berinteraksi satu sama lain bukan hanya berfokus pada suatu masalah yang bersifat hambatan melainkan dikarenakannya suatu keunggulan ataupun keberhasilan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS pada masa pandemic covid 19 di SMPN 3 Tabanan berjalan efektif dengan skor rata rata sebesar 63,1

Published
2021-08-25