ANALISIS PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII D SEMESTER 1 SMP NEGERI 2 TABANAN TAHUN PELAJARAN 20202021

  • Putri Intan Sumadewi IKIP Saraswati
Keywords: Pembelajaran jarak jauh, efektivitas, prestasi belajar

Abstract

Pandemi covid-19 telah menimbulkan dampak di berbagai sektor kehidupan termasuk dunia pendidikan. Dampaknya kegiatan pembelajaran berlangsung secara jarak jauh sehingga ada hambatan yang kemungkinan akan berpengaruh terhadap efektivitas dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2020/2021 selama pembelajaran jarak jauh berlangsung. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, kuesioner, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran jarak jauh efektif (71,36%) dan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII D baik (77,6). Dari 39 siswa, 35 orang memenuhi nilai KKM sedangkan 4 orang belum memenuhi nilai KKM. Kesimpulannya, pembelajaran jarak jauh tetap bisa berlangsung secara efektif dan prestasi belajar siswa juga sangat baik. 

Published
2021-08-25