An Error Analysis of Writing Narrative Text to the Ninth Grade Students at SMP Negeri 2 Tabanan

  • Ni Luh Gede Putri Suka Artini IKIP Saraswati
  • Gusti Ayu Gede Sukraningsih
  • Ni Putu Wulantari
Keywords: analisa kesalahan, menulis, teks naratif

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kesalahan dalam menulis teks naratif untuk siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tabanan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris dan siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tabanan yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase kesalahan siswa yang meliputi penghilangan, penambahan, misformasi dan kesalahan urutan berturut-turut adalah 7%, 4%, 28% dan 3%. Kesimpulannya, siswa masih bingung untuk menggunakan kata kerja beraturan dan tidak beraturan, kalimat verbal dan nominal, penggunaan kata ganti orang dan membedakan kata kerja, kata benda dan kata sifat yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan siswa. Penelitian ini menyarankan untuk lebih kreatif dalam mengajar bahasa Inggris terutama dalam penggunaan media pengajaran dan mendekati siswa secara individu untuk guru, dan siswa juga lebih kreatif untuk mencari informasi yang berkaitan dengan studi karena kemajuan teknologi. Kata kunci: analisa kesalahan, menulis, teks naratif
Published
2021-08-25