PERANAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA

  • regina bora IKIP Saraswati Tabanan
Keywords: Kata Kunci: Peran Guru, Kedisiplinan Siswa

Abstract

Kedisiplinan merupakan modal dasar dalam sebuah pembelajaran karena dengan adanya
kedisiplinan akan tercipta suasana belajar yang menyenangkan. Dengan adanya tingkat kedisiplinan yang
baik, maka siswa akan melakukan proses belajar secara sadar, sukarela, dan penuh tanggung jawab,
begitu pula sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai kendala, upaya, serta
peranan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam meningkatkan kedisiplinan
siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Tabanan tahun 2020/2021. Untuk mencapai tujuan di atas, maka jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data meliputi
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kendala yang dihadapi
guru PPKn dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dapat disebabkan oleh siswa karena pembawaan,
lingkungan pergaulan yang kurang baik, serta faktor keluarga. Kendala lainnya dapat disebabkan oleh
guru sendiri dalam membentuk kedisiplinan siswa di sekolah, kurangnya pengawasan kepada siswa
sehingga mengakibatkan masih adanya siswa yang melanggar peraturan kelas. (2) Upaya yang dilakukan
guru PPKn dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu di dalam kelas dengan cara mengaitkan materi
ajar dengan seperti norma-norma dan bisa juga dilakukan diluar kelas yaitu melalui pembinaan, motivasi,
dan pemberian sanksi bagi yang melanggar peraturan yang telah ditentukan di sekolah. (3) Peranan guru
PPKn dalam meningkatkan kedisiplinan siswa ada dua yaitu: Sebagai motivator, hal yang dilakukan yaitu
dengan menjelaskan kepada siswa akan manfaat dan keuntungan yang akan didapat jika siswa
berdisiplin, pemberian hukuman bagi siswa yang tidak berdisiplin/yang melanggar peraturan sekolah, dan
pemberian hadiah bagi siswa yang berdisiplin/yang tidak pernah melanggar peraturan sekolah. Sebagai
pemberi teladan,guru merupakan sosok panutan yang patut ditiru dan diteladani oleh siswa. Guru PPKn
harus mampu menjadi contoh teladan bagi siswa siswanya. Misalnya dengan berperilaku dan bertutur kata
yang sopan baik dengan sesame guru ataupun dengan siswa, memberi contoh berpakaian dengan rapih,
hadir ke sekolah lebih awal dan tidak pulang lebih cepat dari siswa, dan masuk kelas tepat waktu

Published
2021-08-25