PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TATAP MUKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DARING

  • Ni Putu Nia Indriani IKIP Saraswati
Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran Tatap Muka, Pembelajaran Daring dan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran tatap muka dan menggunakan model pembelajaran daring di Kelas VIII SMP Negeri 2 Tabanan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriftif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tabanan dengan jumlah siswa 310 orang. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 47 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Proportional Stratified Random Sampling. Untuk memperoleh data siswa yaitu dengan menggunakan metode dokumentasi diperoleh dari buku atau daftar nilai rapor siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tabanan. Data yang terkumpul selanjutnya diolah menggunakan analisis statistik t-test independen. Berdasarkan analisis data, diperoleh : (1) Hasil belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran tatap muka dengan nilai rata-rata sebesar 78,6808, (2) Hasil belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran daring diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,2765, (3) thitung<  ttabelyaitu (-0,889) < (1,661) hal ini berarti H0 diterima dan H1 ditolak. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran tatap muka dengan model pembelajaran daring siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021.

Published
2021-08-25