KORELASI PENDAMPINGAN DAN BIMBINGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA DALAM PEMBELAJARAN DARING

  • maria kristiani dayanti IKIP Saraswati Tabanan
Keywords: Kata kunci : korelasi, bimbingan keluarga, prestasi belajar IPA, pembelajaran daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui korelasi antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tabanan dan (2) mengetahui besar koefisien korelasi antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tabanan. Penelitian ini merupakan penelitan kuantitatif korelasional. Populasi damal penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tabanan, sampel yang di ambil sejumlah 27 siswa dengan teknik sampel cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes online. Data dan analisis dengan teknik analisis korelasi product moment, dengan bantuan microsoft excel. Hasil penelitian menunjukan adanya korelasi positif antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar IPA Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tabanan dengan koefisien korelasi sebesar 0,8 yang termasuk dalam kategori sangat kuat.

Published
2021-08-25