PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • NI Putu Yenni Purnamasari Yenni Sari IKIP Saraswati
  • IB Anom Sutanaya Anom Sutanaya
  • Ni Wayan Dian Permana Dewi Dian Dewi
Keywords: Kata kunci : Model Blended Learning, Prestasi Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakagi oleh rendahnya prestasi belajar matematika siswa yang diperoleh dari hasil observasi awal siswa kelas VIII D di SMPN 5 Mengwi Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan model blended learning berbantuan video pembelajaran pada materi statistika. Model penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian berjumlah 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model blended learning terjadi peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII D di SMP Negeri 5 Mengwi tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya skor rata-rata prestasi belajar dari refleksi awal sampai siklus II, dimana pada refleksi awal rata-rata prestasi belajar siswa 61,06 dan pada siklus I rata-rata prestasi belajar siswa 65,15. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 4,09 atau sebesar 6,69%. Begitu pula rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I sampai siklus II juga mengalami peningkatan, dimana pada siklus II rata-rata prestasi belajar siswa adalah 77,57, terjadi peningkatan sebesar 12,42 atau 19,06% dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model blended learning berbantuan video pembelajaran yang diterapkan pada siswa kelas VIII D di SMP Negeri 5 Mengwi tahun pelajaran 2020/2021 dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. 

 

Published
2021-08-25