HAMBATAN DAN SOLUSI PEMBELAJARAN IPA DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 DI SMP SEKOTA TABANAN

  • kornelius meltus lowang IKIP Saraswati Tabanan
Keywords: Kata Kunci : Hambatan, Solusi, Pembelajaran IPA Daring, Covid-19, SMP Tabanan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan dan solusi pembelajaran IPA daring di era pandemi covid-19 di Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Tabanan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan dalam pembelajaran IPA daring di era pandemi covid-19 serta untuk menemukan solusinya. Sample penelitian adalah siswa SMP Negeri 6 Tabanan, SMP Negeri 2 Tabanan, dan SMP Negeri 3 Tabanan. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner online melalui google form. Data di analisi secara deskriptif melalui penyajian grafik persentase hambatan belajar IPA daring. Berdasarkan hasil analisis ditemukan secara umum terdapat 8 hambatan utama dalam proses pembelajaran IPA daring pada masa pandemi covid-19 di SMP Sekota Tabanan. Dengan terpetakanya 8 hambatan tersebut maka akan mudah dalam rangka menemukan solusinya sesuai dengan jenis hambatan yang dialami siswa.

Published
2021-08-25