UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VII A PADA PEMBELAJARAN PPKN DALAM JARINGAN

  • odilia illa IKIP Saraswati Tabanan
Keywords: Kata Kunci : Upaya Peningkatkan Pembelajaran, Model Pembelajaran, Pembelajaran Daring

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar dalam kehidupan bermasyarakat Indonesia, salah satunya dalam aspek pendidikan. Dengan adanya pademi ini mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran di Indonesia yaitu pembelajaran yang dilaksanakan secara daring atau jarak jauh. Tujuan penelitian ini, yaitu 1) untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan kemampuan mengembangkan keaktifan siswa kelas VII A pada Pembelajaran dalam Jaringan di SMP Negeri 3 Tabanan. 2) untuk menetahui factor apa saja yang menjadi penghambat dalam upaya peningkatan kemampuan memgembangkan keaktifan siswa dalam pembelajaran dalam jaringan (Daring). dan Untuk mengetahui faktor pendukung dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi Covid- 19 di kelas VII A di SMP Negeri 3 Tabanan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskkriptif., analisis data hasil penelitian diperoleh dari proses mencari dan menyususn secara sistimatis, data yang diproses observasi, wawancara, dokumentasi. Reduksi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) upaya peningkatan kemampuan mengembangkan keaktifan siswa kelas VII A pada pembelajaran dalam jaringan (daring) dengan memanfaatkan beberapa aplikasi, pengunaan RPP satu lembar dan evaluasi lembar kerja tertulis yang dapat diambil dan dikumpulkan langsung ke sekolah. 2) faktor penghambat dalam upaya peningkatan kemampuan mengembangkan keaktifan siswa kelas VII A pada pembelajaran daring yaitu; kurangnya efektifitas waktu, minimnya antusiuas siswa dalam minimnya siswa akan pemahaman materi. 3) faktor pendukung pembelajaran daring yaitu, sekolah memfasilitaskan wifi untuk guru disekolah, dan siswa diberikan kuota internet gratis. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMP Negeri 3 Tabanan tepatnya kelas VII A sudah dilaksanakan cukup baik, peserta didik dan guru telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menggambarkan kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring. dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik yaitu pembelajaran yang disesuaikan dengan peserta didik.

Published
2021-08-25