PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 6 TABANAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Maria Sulastri Yuyunade IKIP Saraswati Tabanan
Keywords: Kata Kunci : Model Picture And Picture (PAP), Motivasi, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Picture And picture untuk meningkatkan motivasi belajar IPA kelas VII D SMP Negeri 6 Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan prestasi belajar IPA kelas VII D SMP Negeri 6 Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan rancangan penelitian menggunakan II siklus. Dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya siswa kelas VII D SMP Negeri 6 Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa terdiri dari 32 orang. Data motivasi dan prestasi  belajar IPA siswa ini menggunakan pedoman penilaian motivasi dan prestasi belajar siswa. Data hasil belajar menggunakan esay test. Pada refleksi awal  nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 66,03 dengan kategori kurang aktif, pada siklus I  70,87 dengan kategori cukup aktif, dan pada siklus II  87,56 dengan kategori  sangat aktif.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPA siswa kelas VII D SMP Negeri 6 Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021.

Published
2021-08-25