Pemanfaatan Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS (Sejarah) Siswa Kelas VII B SMPN 5 Mengwi Tahun Pelajaran 2020/2021.

  • Ni Nyoman Linda Wati IKIP Saraswati Tabanan
  • Nyoman Surya wan
  • I Wayan Sudhita
Keywords: Prestasi

Abstract

ABSTRAK

 

PEMANFAATAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS APLIKASI CLASSROOM DI MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS (SEJARAH) SISWA KELAS VII B SMPN 5 MENGWI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

 

Oleh:  Ni Nyoman Lindawati

NIM:  17120011

Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS IKIP Saraswati Tabanan, 2021

 

Berdasarkan latar belakang permasalahan dan aspek-aspek permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, maka yang menjadi tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa di masa pandemi covid-19.Hasil belajar siswa yang dimaksudkan meliputi : nilai maksimum,nilai minimum,rata-rata kelas,standar deviasi dan ketuntasan minimum (KKM) siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Mengwi.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklus ada empat tahapan aktifitas, yang meliputi : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Hasil reflesi inilah yang digunakan sebagai dasar untuk perbaikan pada semua komponen tahapan.Data yang terkumpul sesuai dengan tujuan penelitian pada setiap siklus, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.

Pelaksanaan pembelajaran pada siklus pertama, hasil analisis menunjukkan bahwa rentangan prestasi belajar siswa masih berada pada kategori rendah.Semua permasalahan ini dapat diidentifikasi sebagai hasil dari refleksi, maka diadakan perbaikan pada semua komponen tahapan untuk perbaikan tindakan pembelajaran pada siklus kedua.Dari hasil evaluasi belajar terjadi peningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa, yang sudah mencapai ketuntasan belajar 100%.

Berdasarkan hasil analisis data, secara umum dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan pembelajaran daring berbasis aplikasi google classroom ternyata sangat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar IPS (Sejarah) siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Mengwi pada masa pandemi covid-19 saat ini.Berdasarkan kesimpulan hasil analisis data ini, maka disarankan kepada guru-guru untuk menerapkan berbagai model aplikasi pembelajaran yang inovatif dan dapat diakses secara gratis lewat internet.Kepada Kepala Sekolah disarankan untuk mendorong guru-guru lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan aplikasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil yang bagus.

Kata-kata kunci  : Prestasi

 

 

Published
2021-08-27