MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAAN TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII B SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TABANAN

  • PUTU AYU RATNA ASRI UTAMI IKIP Saraswati
  • NI MADE SUENI
  • NI LUH NANIK PUSPADI
Keywords: Kata Kunci: Mengidentifikasi, Struktur dan Unsur Kebahasaan, Teks Eksposisi, Metode Discovery Learning

Abstract

ABSTRAK  

Pembelajaran mengidentifikasi struktur dan unsur kebahasaan teks eksposisi telah diajarkan di kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tabanan sesuai dengan kurikulum 2013. Berdasarkan penelitian awal, dapat diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi struktur dan unsur kebahasaan teks eksposisi, serta nilai rata-rata yang diperoleh siswa masih tergolong rendah. Hal ini terjadi karena ketidaktepatan metode pembelajaran yang diterapkan guru ketika proses belajar pembelajaran berlangsung. Guru lebih banyak berteori, sehingga siswa merasa bosan dan kurang berminat mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  kemampuan siswa dalam mengidentifikasi struktur dan unsur kebahasaan teks eksposisi sebelum dan sesudah menerapkan metode discovery learning serta peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tabanan tahun pelajran 2020/2021. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode observasi, metode tes dan metode pencatatan dokumen. Metode observasi digunakan untuk mendapatkan data tentang sikap dan perilaku siswa. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi struktur dan unsur kebahasaan teks eksposisi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil yaitu, nilai rata-rata siswa pada prasiklus sebesar 65,00 kemudian pada siklus I meningkat menjadi 73,82 dengan persentase peningkatan sebesar 14,76% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 84,41 dengan persentase peningkatan sebesar 15,51%. Dengan demikian, jika dihubungkan dengan hipotesis tindakan kemampuan mengidentifikasi struktur dan unsur kebahasaan teks eksposisi dengan menerapkan metode discovery learning siswa kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tabanan tahun pelajaran 2020/2021 meningkat signifikan.

 

Kata Kunci: Mengidentifikasi, Struktur dan Unsur Kebahasaan, Teks Eksposisi, Metode Discovery    Learning

Published
2021-08-27