IMPROVING THE ENGLISH READING COMPREHENSION OF DESCRIPTIVE TEXT BY USING SQ3R AT SEVENTH GRADE OF SMP N 1 KEDIRI

  • Wahyu Budianto Nugroho IKIP Saraswati
  • Ni Putu Meri Dewi Pendit
  • Ni Putu Eka Putri Septiari
Keywords: pemahaman membaca, deskripsi teks, dan metode SQ3R

Abstract

Peneliti bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa teks deskriptif melalui metode SQ3R. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kediri tahun pelajaran 2021 yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data adalah data kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Metode SQ3R digunakan sebagai cara yang menarik untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa pada materi teks deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh skor sebagai berikut. Nilai rata-rata pre-test adalah 60,5, nilai rata-rata post-test I meningkat menjadi 75,6, dan nilai rata-rata post-test II mencapai 79,8. Siswa yang lulus Kriteria Ketuntasan Minimum/Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada pre-test 0 siswa, menjadi 22 siswa pada post-test I, dan meningkat menjadi 30 siswa pada post-test II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengajaran membaca teks deskriptif dengan menggunakan metode SQ3R dapat meningkatkan pemahaman keterampilan membaca siswa terhadap teks deskriptif.
Published
2021-08-27