EFEKTIVITAS BELAJAR DARING PPKN DI KELAS VIIB SMP NEGERI 3 TABANAN TAHUN 2021

  • Ni Luh Gde Ayu Diva Anggiana Pradnyana Dewi IKIP Saraswati
  • I Wayan Kandia
  • I Wayan Kandia
  • Ni Wayan Sadri
Keywords: efektivitas, daring, suasana, kelebihan, kekurangan

Abstract

Pada saat pandemi covid-19 ini, pendidikan tetap terlaksana dengan segala kekurangan yang ada dengan fasilitas seadanya. Salah satu cara yaitu dengan pembelajaran secara daring sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran secara daring, kelebihan dan kekurangan pembelajaran secara daring, dan mengetahui suasana proses pembelajaran secara daring mata pelajaran PPKn di kelas VIIB SMP Negeri 3 Tabanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian, yaitu pengumpulan data yang mencakup observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner (riset). Dengan demikian, hasil dari penelitian ini diperolah bahwa pembelajaran secara daring ini dapat dikatakan efektif dan berhasil karena jumlah hadir siswa kelas VIIB melebihi dari 85% dan sebagian besar siswa (92%) mendapatkan nilai di atas atau mencapai KKM. Dari hasil penelitian ini juga didapatkan kelebihan pembelajaran secara daring, yaitu melatih siswa belajar lebih mandiri, aktif, dan fleksibel waktu pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di rumah, menambah wawasan dalam menggunakan teknologi sehingga tercipta rasa aman dan nyaman dari penyebaran covid-19. Sedangkan, kekurangan dari pembelajaran secara daring dengan adanya kendala jaringan internet, kurangnya interaksi dalam proses pembelajaran sehingga minimnya pengawasan guru kepada siswa dan adanya keterbatasan kepemilikan handphone pribadi siswa. Jadi, didapatkan suasana pembelajaran yang nyaman dan aman bagi siswa karena belajar dari rumah secara daring.

Published
2021-08-27