KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK CERPEN ANAK RAJIN DAN POHON PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 MARGA

  • heriberta anul IKIP Saraswati Tabanan
Keywords: Kata kunci: Unsur Intrinsik, cerpen Anak rajin dan Pohon Pengetahuan, Metode Jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami unsur intrinsik cerpen Anak Rajin dan Pohon Pengetahuan dengan menerapkan metode jigsaw siswa kelas IX C Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Marga Tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Marga dengan subjek penelitian siswa kelas IX C yang berjumlah 26 orang. Pada penelitian awal didapatkan 18 siswa dari 26 orang siswa memperoleh skor kurang dari 70. Pada kegiatan pembelajaran berikutnya model pemebelajaran diterapkan menggunakan metode jigsaw. Model pembelajaran ini ternyata dapat meningkatkan kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen Anak Rajin dan Pohon Pengetahuan siswa kelas IX C Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Marga Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini dapat dibuktikan melalui nilai rata-rata yang diperoleh sebelum menggunakan metode jigsaw atau pada prasiklus sebesar 63,07. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 72,69. Kemudian pada siklus II, kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen meningkat menjadi 81,53. Peningkatan skor tersebut merupakan tanda bahwa kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen siswa Kelas IX C Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Marga semakin meningkat dengan menerapkan metode jigsaw. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode jigsaw kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen Anak rajin dan Pohon Pengetahuan siswa Kelas IX C mengalami peningkatan. Dengan demikian, disarankan kepada guru bahasa Indonesia agar menerapkan metode jigsaw dalam pembelajaran karena telah terbukti melalui metode tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa.

Published
2021-08-27