EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IX C SMPN 2 TABANAN

  • fabianus aman IKIP Saraswati Tabanan
Keywords: Kata Kunci : Efektivitas Belajar dan Pembelajaran PKN dari Rumah.

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta efektivitas pembelajaran PKN pada masa pandemi covid-19 di kelas IX C SMPN 2 Tabanan Bali. Penelitian ini termasuk jenis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penghambat pembelajaran dari rumah pada mata pelajaran PKN adalah jaringan internet, ketidakhadiran siswa saat pembelajaran daring, kondisi ekonomi siswa, dan kepemilikian gadget ataupun laptop. Adapun faktor yang mendukung adalah teknologi, tempat belajar sesuai dengan protokol kesehatan covid-19, sumber belajar dan media belajar yang memadai, rancangan pelaksanaan pembelajaran daring yang dirancang oleh guru, sikap antusias siswa dalam menuntut ilmu, dan sarana prasarana yang memadai. berdasarkan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru khusunya guru PKN dalam pelaksanaan belajar jarak jauh sebanyak 75 % terlaksana dengan baik sesuai dengan surat edaran pemerintah No. 15 tahun 2020. Maka dari itu, dapat diketahui bahwa tingkat efektivitas pelaksanaan pembelajaran dari rumah pada mata pelajaran PKN yang dilakukan di SMPN 2 Tabanan sebanyak 82% berjalan dengan efektif. Kesimpulannya sebanyak 82% pembelajaran PKN di kelas IX C SMPN 2 Tabanan berjalan efektif sesuai dengan peraturan pemerintah melalui Surat Edaran No.15 Tahun 2020.

Published
2021-08-27