The Correlation Between Students’ Grammar Mastery and Their Speaking Ability of Eleventh Grade Students at SMA Negeri 2 Mendoyo in the Academic Year Of 2019/2020

  • I Putu Angga Adi Putra IKIP Saraswati
  • Ni Putu Meri Dewi Pendit
  • Ni Putu Wulantari
Keywords: korelasi, penguasaan tata bahasa, kemampuan berbicara

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan tata bahasa, kemampuan berbicara dan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara penguasaan tata bahasa terhadap kemampuan berbicara siswa kelas sebelas di SMA Negeri 2 Mendoyo. Metodologi penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi, untuk itu peneliti ingin mengetahui hubungan antara penguasaan tata bahasa siswa dengan kemampuan berbicara mereka. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Mendoyo yang berjumlah 251 siswa. Dalam pengambilan sampel penelitian, peneliti menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel diambil dari kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 36 siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen berupa tes lisan tentang teks laporan untuk tes berbicara dan tes pilihan ganda untuk tes tata bahasa. Setelah diberikan try out, peneliti memberikan tes kemudian menganalisis data dengan menggunakan rumus Product Moment dari Pearson. Hasil uji hipotesis adalah 0,4102, kemudian dikonsultasikan ke rcritical. Hasil rcritical dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 0,2785. Karena robserved lebih tinggi dari rcritical (0,4102 > 0,2785), maka kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara penguasaan tata bahasa siswa dengan kemampuan berbicara siswa kelas XI SMA Negeri 2 Mendoyo tahun ajaran 2019/2020.

Published
2021-08-27