Penerapan Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Matematika

  • Ni Nengah Vonny Kesuma Putri Vonny Putri IKIP Saraswati
  • Gede Ngurah Oka Diputra Oka Diputra
  • Gede Ngurah Oka Diputra Oka Diputra
  • I Wayan Sudiarta Sudiarta Sudiarta
Keywords: pandemi covid-19, aplikasi google classroom, hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pandemi covid-19 dan masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran daring menggunakan aplikasi google classroom di masa pandemi covid-19 siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan penerapan aplikasi google classroom. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Masing – masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu : (1) perencanaan ; (2) pelaksanaan ; (3) observasi atau pengamatan ; dan (4) refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini melibatkan semua siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Tabanan semester genap tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 38 siswa yang terdiri dari 22 siswa perempuan dan 16 siswa laki – laki. Teknik pengambilan data melalui hasil tes pada akhir siklus. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil dari penilaian adalah meningkatnya ketuntasan individu pada siklus I sebesar 25 siswa dan pada siklus II sebesar 38 siswa. Nilai rata – rata hasil belajar matematika pada siklus I sebesar 68,92 dan siklus II sebesar 78,13 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran daring menggunakan aplikasi google classroom di masa pandemi covid-19 ada peningkatan hasil belajar matematika sebesar 9,21 atau 13,36% pada siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2020/2021. Dengan demikian  untuk  mengefektifkan   pembelajaran  daring di masa pandemi covid-19 disarankan menggunakan aplikasi google classroom.

Published
2021-08-27