ANALYZING STUDENTS’ VOCABULARY BY USING AUDIO LINGUAL METHOD TROUGH FILL-IN-THE-BLANK WORKSHEET SONG

  • vinna paramita IKIP Saraswati Tabanan
Keywords: Keyword: Audio Lingual Method (ALM),Song,Vocabulary

Abstract

Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian tindakan kelas (CAR) tentang efektivitas penggunaan metode audio ligual untuk melatih kemampuan mendengarkan siswa dan menambah kosa kata dengan menggunakan lembarkerja. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMP Negeri 3 Tabanan pada tahun akademik 2020/2021, yang terdiri dari 20 pria dan 16 wanita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Data diperoleh dengan menggunakan observasi dan kuisioner. penelitian ini menemukan bahwa hasil post-test disetiap siklus menunjukkan bahwa ada kemajuan yang signifikan dari subjek untuk keterampilan mendengarkan dan menambah kosakata. Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar subjek memberi tanggapan positif tentang penerapan metode audio lingual dengan mendengarkan sebuah lagu melalui. Kesimpulannya, penelitian tindakan kelas ini telah membuktikan bahwa metode audio lingual sangat efektif untuk menambah kosa kata dan melatih kemampuan mendengarkan siswa memalui lembar kerja lagu  pada siswa kelas delapan SMP Negeri 3 Tabanan pada tahun akademik 2020/2021. Selain itu subjek juga merespon secara positif untuk menerapkan metode audio linguial

 

This study is used a Class Action Research (CAR) technique on the effectiveness of using the audio ligual method to train students' listening skills and increase vocabulary by using worksheets. The subjects of this study were eighth grade students of SMP Negeri 3 Tabanan in the 2020/2021 academic year, which consisted of 20 males and 16 females. The method used in this study is a quantitative research method. Data obtained by using observation and questionnaires. This study found that the results of the post-test in each cycle showed that there was a significant progress of the subject for listening skills and adding vocabulary. The study showed that most of the subjects gave positive responses about the application of the audio lingual method by listening to a song. In conclusion, this classroom action research has proven that the audio lingual method is very effective for increasing vocabulary and training students' listening skills through song worksheets for eighth grade students of SMP Negeri 3 Tabanan in academic year 2020/2021. In addition, the subject also responded positively to applying the audio linguial method.

 

Published
2021-08-27