TINGKAT KESIAPAN SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN DARING MASA ERA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3 TABANAN

  • maria antonia klaret IKIP Saraswati Tabanan
Keywords: Kata kunci: Tingkat kesiapan Sekolah pembelajaran daring.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan sekolah di SMP Negeri 3 Tabanan melaksanakan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-9. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana tingkat kesiapan sekolah SMP Negeri 3 Tabanan melaksanakan pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi adalah sekolah dan sampelnya adalah siswa, guru dan orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh tingkat kesiapan sekolah yang ditinjuau dari siswa adalah 86,9  dikategorikan sangat Siap. Pada tingkat kesiapan sekolah yang ditinjau dari Guru adalah 27,66 dikategorikan sangat  siap, sedangkan pada tingkat kesiapan sekolah yang ditijau dari orang tua adalah 27,33 dikategorikan sangat siap.  Bahwa di SMP (86,9), guru (27,66) dan orang tua (27,33), semuanya dikategorikan sangat siap. Kepada siswa untuk lebih rajin lagi pada saat pembelajaran daring berlangsung. Disarankan pada guru lebih siap beradaptasi dan melakukan pembelajaran daring, dalam melaksanakan hal ini guru membuat perencanaan, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran melatih dan membimbing peserta didik supaya proses pembelajaran daring berjalan dengan baik. Di masa pandemi ini peran seorang guru sangat penting untuk membimbing para murid, dalam hal ini guru juga tidak sepenuhnya bisa membimbing para murid.

Published
2021-08-27