MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENENTUKAN DAN MEMPERBAIKI KESALAHAN PENGGUNAAN KATA, KALIMAT, DAN EJAAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

  • PUTU MITHA DARMAYANTHI IKIP Saraswati
  • I WAYAN SUBAKER
  • NI LUH NANIK PUSPADI
Keywords: Teks laporan Hasil Observasi, Metode Inkuiri.

Abstract

ABSTRAK

          Penelitian ini termotivasi karena rendahnya kemampuan menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ejaan tek laporan hasil observasi siswa kelas VII A Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tabanan tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus dengan jumlah siswa 36 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode observasi dan metode tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ejaan teks laporan hasil observasi setelah menerapkan metode inkuiri mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan jumlah nilai secara keseluruhan pada prasiklus, yaitu  2.340 dengan rata-rata kelas sebesar 65,00, kemudian pada siklus I terdapat 2 orang siswa dinyatakan tidak tuntas dengan jumlah nilai 2.830 dan rata-rata kelas 78,61. Selanjutnya pada siklus II semua siswa dinyatakan telah tuntas karena nilai yang diperolehnya tidak ada yang berada di bawah 70,00. Jumlah nilai secara keseluruhan sebesar 2.960 dengan nilai rata-rata kelas sebesar 82,22. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode inkuiri kemampuan siswa mengalami peningkatan. Dengan demikian, disarankan kepada guru Bahasa Indonesia agar menerapkan metode inkuiri dalam kegiatan belajar pembelajaran karena telah terbukti bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa.

Published
2021-08-27