PENGANTAR REDAKSI

Jurnal Wacana Saraswati (Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya) terus berusaha mengembangkan dan meningkatkan kualitasnya. Pada volume XIX edisi 2, Agustus 2019 sudah ber EISSN: 2685-0745. Pada volume XX edisi 2, Agustus 2020 ada enam naskah, dua naskah berhubungan dengan masalah kebahasaan dan empat naskah berkaitan dengan proses pembelajaran. 

Tulisan pertama, dari I Wayan Soper, I Wayan Mawa dan I Wayan Nardi dari FPBS, IKIP Saraswati Tabanan dengan judul artikel “Hakikat, Penggolongan dan Pembentukan Kata Bahasa Indonesia: Sebuah Kajian Pustaka ”, yang bertujuan membicarakan tentang hakikat kata, penggolongan kata serta proses pembentukan kata dalam bahasa Indonesia.

Dalam artikel kedua I Wayan Subaker, Ni Putu Ayu Kartika Sari Dewi, I Made Suparta FPBS IKIP Saraswati bertujuan untuk memaparkan, pemakai bahasa Indonesia mendapatkan pengetahuan dan memahami kaidah pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar. dengan judul tulisannya “Salah Kaprah dalam Pemakaian Bahasa Indonesia”

Dosen-Dosen lainnya dari FPBS IKIP Saraswati Tabanan yaitu Ni Made Sueni dan Desak Nyoman Alit Sudiarthi menulis artikel dengan judul “Mengajar dengan Senang, yang bertujuan agar guru dalam mengajar melihat apa yang dibutuhkan siswa dan melihat diri siswa itu sendiri.

Penulis keempat ialah Ni Putu Parmini dari FPBS IKIP Saraswati Tabanan. Ia menulis artikel dengan judul “Pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Tema dalam Pembentukan Jati diri”. Tulisannya ini bertujuan untuk untuk mengetahui pembentukan jati diri melalui pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dengan pendekatan saintifik berbasis tema siswa kelas VII SMPdi Ubud.

 Artikel kelima berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Mata Kuliah English Grammar Prodi Pendidikan Bahasa Inggris”, ditulis oleh Ni Putu Meri Pendit dan Ni Luh Nanik Puspadi, FPBS IKIP Saraswati Tabanan. Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Basic English Grammar mahasiswa program studi Pendidikan bahasa Inggris IKIPSaraswati dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Tulisan kolaborasi selanjutnya dari Gusti Ayu Gede Sukraningsih, Galuh Kusuma Wardani dengan judul tulisan “The Description of Character Education on Scientific Approach in English Learning to the Student of SMP Negeri 1 Kerambitan”. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris pada siswa SMP Negeri 1 Kerambitan.

Dewan Redaksi 

Published: 2021-01-08