• Wacana Saraswati
    Vol 20 No 1 (2020)

    PENGANTAR REDAKSI 

     Jurnal Wacana Saraswati (Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya) terus berusaha mengembangkan dan meningkatkan kualitasnya. Pada volume XIX edisi 2, Agustus 2019 sudah ber EISSN: 2685-0745. Pada volume XX edisi 1, Pebruari 2020, ada empat tulisan berasal dari luar. Terbitan kali ini dimulai dengan artikel yang berjudul “Kajian Literatur : Bahasa, Budaya, dan Pikiran dalam Linguistik Antropologi” yang ditulis oleh Ida Ayu Made Wedasuwari dari Universitas Mahasaraswati Denpasar, yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara bahasa, budaya dan pikiran.

    Tulisan kedua, dari Dewa Wija dosen dari FP IPS, IKIP Saraswati Tabanan dengan judul artikel “Rekayasa Bahasa Media Massa, Pengaruhnya terhadap Dunia Pendidikan”, yang bertujuan membicarakan media massa sebagai institusimemiliki peran sosial politik yang sangat penting dalam pembangunan bangsa khususnya pendidikan bahasa.

    Dalam artikel ketiga Mokh Yahya bertujuan untuk memaparkan tedhak siten sebagai pengenal budaya local bagi pembelajar BIPA, dengan judul tulisannya “Upacara Tedhak Siten Sebagai Upaya Pengenalan Budaya Lokal Dalam Materi Ajar BIPA”

    Dosen-Dosen dari Universitas Negeri Malang yaitu Teguh Arie Sandy, Saidah Ulfa dan Agus Wedi menulis artikel dengan judul “Bipajar: Aplikasi Mobile Untuk Melatih Pelafalan Mahasiswa Program BIPA, yang bertujuan untuk menghasilkan produk mobile learning yang menggunakan teknik gamifikasi dan teknologi speechrecognition yang valid sebagai media belajar dan efektif untuk melatih pelafalan mahasiswa BIPA.

    Penulis kelima ialah I Wayan Mawa, I Wayan Soper, dan I Wayan Nardi dari FPBS IKIP Saraswati Tabanan. Mereka berkolaborasi menulis artikel dengan judul “Aliran- Aliran Linguistik, Klasifikasi Verba bahasa Indonesia Serta Analisisnya Dalam Kalimat”. Tulisan mereka ini bertujuan untuk memaparkan aliran-aliran yang ada dalam linguistik, klasifikasi verba dalaam bahasa Indonesia, serta analisisnya dalam kalimat.

    Artikel keenam berjudul “Analisis kesalahan Morfologi Dalam Berdiskusi Di Semester 1 Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP Saraswati, ditulis oleh Ni Luh Nanik Puspadi, IKIP Saraswati Tabanan. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan morfologi yang dilakukan mahasiswa semester 1 Program Studi Matematika FPMIPA IKIP Saraswati.

    Tulisan kolaborasi selanjutnya dari Desak Nyoman Alit Sudiarthi, Ni Putu Meri Dewi Pendit dan Ni Putu Seniwati, dengan judul tulisan “Kiat Menumbuhkembangkan Minat baca Siswa: Suatu Kajian Pustaka”. Tulisan ini bertujuan mengajak siswa untuk budayakan membaca sehingga kegiatan membaca menjadi kegiatan rutin dan menyenangkan.

    Artikel yang terakhir atau kedelapan adalah artikel dengan judul “Description Of Authentic Assessment In English Learning To The Rural Junior High School Tabanan Regency”, yang juga merupakan tulisan kolaborasi dari Gusti Ayu Sukraningsih dan Ni Made Sueni dari FPBS IKIP Saraswati Tabanan. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian otentik dalam pembelajaran bahasa Inggris terhadap siswa dari dua sekolah negeri di wilayah pedesaan di kabupaten Tabanan.

     

    Dewan Redaksi 

     

     
  • Wacana Vol XIX edisi 2 Agustus 2019 Wacana Saraswati
    Vol 19 No 2 (2019)

    MAJALAH ILMIAH TENTANG BAHASA, SASTRA DAN PEMBELAJARANNYA

  • WACANA SARASWATI
    Vol 19 No 1 (2019)

    MAJALAH ILMIAH TENTANG BAHASA, SASTRA DAN PEMBELAJARANNYA

1 - 3 of 3 items