PENGANTAR REDAKSI

Jurnal Suluh Pendidikan kembali hadir edisi kali ini dengan penambahan ISSN online (e-issn) didukung pula dengan desiminasi melalui Online Journal System (OJS). Upaya melengkapi e issn dan OJS merupakan komitmen kami dalam meningkatkan kualitas Jurnal Suluh Pendidikan yang telah disampaikan edisi sebelumnya sehingga Jurnal Suluh Pendidikan dapat diakses dari mana pun dan kapan pun. Akan tetapi, kami segenap pengelola puas sampai di sini, kami tetap ingin terus meningkatkan pelayanan yang lebih baik ke depannya.

Jurnal Suluh Pendidikan pada edisi kali ini, kebanjiran naskah atau tulisan dari kalangan penulis eksak terutama bidang matematika. Setelah melalui seleksi, ada lima naskah atau tulisan bidang matematika yang layak dimuat pada edisi kali ini, yakni.

  1. “Permainan Matematika Sederhana Sebagai Alternatif Pembelajaran yang Menyenangkan (Sebuah Kajian Pustaka)” oleh Ni Wayan Dian Permana Dewi.
  2. “Mengenal Himpunan Kabur (Fuzzy Set) dalam Pembelajaran Matematika: Suatu Kajian Pustaka” oleh I Made Yasna.
  3. “Penerapan Matematika Veda Dalam Operasi Hitung” oleh Gede Ngurah Oka Diputra dan I Wayan Sudiarta.
  4. “Vertical Equating Skor Tes Dengan Penskalaan Dikotomus Pada Pelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Marga” oleh Anak Agung Purwa Antara.
  5. “Efektivitas Metode Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika (Kajian Pustaka)” oleh Ni Putu Seniwati dan I Wayan Nayun.

Dari banyaknya artikel bidang matematika yang mendomonasi quota edisi kali ini, boleh dibilang temaktik utama dalam penerbitan Jurnal Suluh Pendidikan ini adalah Matematika dalam ranah pendidikan.

Satu artikel terkait masih di bidang eksak, yakni Kebun Sekolah Sebagai Laboratorium Alami Untuk Pembelajaran IPA: Mengenalkan Nama Ilmiah Tanaman dalam Kehidupan Sehari-hari yang ditulis secara kolaboratif oleh Ni Wayan Ekayanti, Dewa Ayu Puspawati, Ni Wayan Arni Sardi, yang mana dari riset tersebut hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan yang dimiliki siswa dalam mengidentifikasi nama ilmiah tumbuhan yang tumbuh di kebun sekolah mengalami perubahan ke arah yang positif.

Artikel dari bidang seni budaya berjudul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Pada Siswa SMP Negeri 2 Ubud” karya I Made Regung ini menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Inquiri bidang seni budaya prestasi belajar siswa meningkat.  Artikel ketujuh karya bersama, yakni Nurhidayah, Ni Nyoman Karmini, I Nyoman Suaka dengan judul artikel “Unsur Intrinsik Roman Salah Asuhan Karya Abdoel Moeis.”Sebuah karya klasik yang ternyata masih layak dianalisis dari sisi akademiknya.

Masih membahas pola asuh kekinian pada anak disampaikan oleh I Ketut Sukanta dengan artikel berjudul ‘Nilai-Nilai Pola Asuhan Orang Tua Yang Mendorong Daya Kreativitas Anak” ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis pola asuhan orang tua; dampaknya terhadap perilaku anak; karakteristik pribadi kreatif, dan nilai pola asuhan yang dapat menumbuhkembangkan daya kreativitas anak.

Sebagai artikel pamungkas adalah “Usaha-Usaha Meningkatkan Kegemaran Membaca Siswa Sekolah Dasar (Studi Kepustakaan)” karya Ni Made Sueni. Meskipun sebatas studi pustaka, tetapi mempunyai arti penting selain langkanya kepustakaan yang berisi informasi tentang pengajaran membaca khususnya di Sekolah Dasar, terutama yang bersifat praktis, sudah semakin dirasakan dewasa ini. Juga bagian dari mendukung berbagai upaya untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa Sekolah Dasar tidak pernah pudar digalakkan oleh masyarakat maupun pemerintah. Dengan “pembabakan” bidang eksak sebagai pembuka urutan penyampaian artikel yang dimuat pada edisi ini tidak bermaksud mengeksklusifkan salah satu bidang ilmu dalam pendidikan. Selain masalah porsi yang ditampilkan, selebihnya secara substansi bobot masing-masing ilmu sama kedudukannya di mata akademik. Jurnal Suluh Pendidikan ini selalu hadir dengan komitmen tinggi karena tidak lepas dari dukungan dari berbagai pihak yang selama ini, yakni pihak Yayasan Perguruan Rakyat Saraswati, Rektor IKIP Saraswati, semua pihak yang terlibat, baik langsung maupun tidak langsung, dan konstribusi penulis tentunya. Selamat membaca!

Redaksi

Published: 2018-05-27